Lima Peristiwa Olahraga Ter-Wow di 2015

Di tengah jutaan orang yang terjebak macet di ruas jalan tol. Di kala orang-orang mengambil cuti panjang dan memilih berlibur keluar kota. Di saat pasangan muda-mudi haha-hihi menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan dengan beragam diskon yang menggoda. Ketika linimasa ramai oleh postingan foto liburan. Saya justru memilih duduk termenung sambil selonjoran di depan televisi, berteman kesepian, mengutak atik program televisi yang tidak jelas ujungnya mau ke mana.

Ah, terlalu drama……

Sebenarnya waktu liburan saya tidak jelek-jelek amat. Meski diminta buat jagain rumah lantaran kakak saya yang pulang kampung. Walhasil, sebagian besar waktu libur saya habiskan dengan menonton TV. Dari sekian banyak film, saya amat terkesan dengan film nasional Cahaya Dari Timur. Mungkin kalian sudah tahu film itu jadi saya tidak akan menceritakan lagi. Saya agak menyesal tidak menontonnya di bioskop karena ternyata ceritanya bagus.

Usai nonton film itu saya pun tercetus untuk menulis tentang peristiwa olahraga ter-wow sepanjang 2015. Pilihan saya amat subjektif. Karena tidak ada riset yang serius dan olahraga itu soal selera jadi saya tidak mau ambil pusing apakah kalian suka atau tidak. Sengaja saya pilih lima karena bilangannya ganjil dan tidak terlalu banyak dan tak terlalu sedikit. Nah, ini dia lima peristiwa olahraga ter-wow di 2015 versi saya.

5. Rekor Usain Bolt
Pusing saya harus memulai dari mana kalau melihat prestasi pelari Usain Bolt. Pria asal Jamaika ini begitu konsisten penampilan dan prestasinya. Sepanjang karirnya, di setiap kejuaraan, Bolt begitu jumawa menjadi yang tercepat. Tahun ini di Kejuaran Dunia Atletik di Beijing, Cina, tiga medali emas di nomor lari 100 meter, 200 meter, dan 4×100 meter sukses dia bawa pulang. Pesaing terdekatnya asal Amerika Serikat Justin Gatlin tak sanggup menjegal Bolt. Ini lomba lari apa ultimate fighting sih kok pake jegal-jegalan segala.

bolt usain biography com

Gaya Bolt setiap kali merebut kemenangan. Sumber: bolt usain biography com

Sejak 2008 hingga 2015, Bolt tak pernah absen merebut medali emas di nomor andalannya 100 m dan 200 m baik di Olimpiade maupun Kejuaraan Dunia. Dan dia semakin mempertegas dengan kemenangan telak di Kejuaran Dunia tahun ini. Namun rumornya Kejuaraan Dunia 2017 bakal menjadi akhir perjalananya karirnya. Hmm…Bolt nampaknya tahu kapan harus berhenti berlari.

Lomba lari memang bukan tontonan asyik bagi khayalak. Saking tak menarik lomba lari nya saja cuma memakan durasi kurang dari 12 detik. Kebayangkan betapa cepat lombanya. Namun justru dari lari- lah (atletik) asal muasal event olahraga tertinggi sejagad, Olimpade digelar. Yang harus dicatat adalah untuk saat ini Bolt manusia tercepat di muka bumi.

4. Golden State Warriors

Empat puluh tahun waktu yang dibutuhkan oleh Golden State Warriors untuk merengkuh cincin juara kompetisi basket NBA. Penantian yang amat panjang. Semoga saya tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memasang cincin mas kawin ke kamu. Iya kamu (kekasih imajiner). Oke fokus.

Golden-State-Warriors viralmozo com

Stephen Curry (tengah) jadi motor penggerak bagi Golden State Warriors. Sumber: viralmozo.com

Di final yang menerapkan tujuh pertandingan Stephen Curry cs mengalahkan Cleveland Cavaliers (4-2) yang kembali diperkuat LeBron James. Kehebatan James ketika membawa Miami Heat juara nampaknya tidak menular kala balik ke mantan, eh ke klub lamanya. Dari sini kita bisa belajar kalau mantan tidak selalu bisa memberikan kenikmatan yang sama seperti dulu.

3. PSSI Beku

Mantan Menteri Olahraga Roy Suryo nampaknya tidak senekat Imam Nahrawi kala menghadapi pengurus PSSI. Entah mendapat keberanian dari mana yang jelas usai menyaksikan Timnas U-23 berlaga di SEA Games Singapura, FIFA langsung membekukan PSSI karena Menpora campur tangan dalam urusan rumah tangga PSSI. Tagar savePSSI pun bertebaran.

Timnas_Logo_Jersey

Entah sampai kapan nasib Timnas digantung

Bagi saya peristiwa ini jauh lebih dahsyat dibanding dugaan korupsi yang melanda Presiden FIFA Sep Blatter selang beberapa waktu usai pembekuan dikeluarkan. Nilai beritanya lebih penting karena terjadi di negeri sendiri dan dampaknya amat besar. Mulai dari pemain, pelatih, pemilik klub sampai calo tiket bakal meratapi nasib dan menghadapi masa depan yang tidak jelas dengan larangan Timnas mentas di level internasional.

Kompetisi nasional pun berubah menjadi sepakbola tarkam. Dan yang paling penting adalah Persib Bandung gagal mentas di level Asia. Sesuatu yang bisa jadi disyukuri oleh the Jak.

2. Kemenangan Tertunda Valentino Rossi

Balapan MotoGP musim ini memberikan pelajaran hidup berharga bagi saya. Kemenangan tidak selalu identik dengan kerja keras. Ada tangan-tangan terlihat dan tak terlihat yang membantumu dalam kesuksesan. Tapi juga kegagalan tidak lantas membuat hidup kita sengsara. Ada kalanya ketika gagal justru lebih banyak orang yang menghormati dibandingkan dengan yang sukses. Siapa sih di sini pendukung Jorge Lorenzo atau Marc Marquez? Tolong catat ya, bagi saya Valentino Rossi itu juara sejati. Sekian titik
*fanboy garis keras

rossi twoheelsblog com

Peluang Rossi merebut gelar juara dunia musim depan masih terbuka lebar. Sumber: twoheelsblog com

1. Antara Mayweather dan Pacquiao

Saya bersyukur usai pertarungan Mayweather vs Pacquiao publik Indonesia tidak terpecah belah seperti Pilpres tahun lalu. Tidak ada bully yang berlarut-larut. Tidak ada pengaduan ke pengadilan usai juri memutuskan pemenang laga adalah Mayweather. Pacquiao juga menerima kekalahan dengan lapang dada.

Pacquiao Mayweather cboxinginfo com

Pertarungan abad ini Sumber: cboxinginfo com

Di sinilah letak kehebatan olahraga. Penonton tidak melihat siapa yang menang sebab kedua petinju sudah memenuhi impinan para pecinta tinju yang sudah sejak lama amat berharap Mayweather bisa melawan Pacquiao. Tak salah jika banyak kalangan menyebut kalau pertarungan kedua merupakan yang terbesar pada abad milenium ini. Jadi buat para pendukung presiden atau partai politik tertentu yang belum bisa move on, sepertinya kalian bukan hanya kurang piknik tapi juga kurang olahraga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s