El Nino

Ibu kosan mulai mengeluh menurunnya daya sedot pompa air. Sudah dua kali ia mengutarakannya ke saya dan keluhan itu membuat sedikit gusar. Di rumah sendiri saya sudah merasakannya. Dampak dari berlarut-larutnya musim kemarau membuat mesin pompa meraung-raung tanpa bisa memuntahkan air. Sudah sebulan lebih.

Saya sendiri cukup takjub dengan lingkungan di Palmerah. Di antara ratusan kosan air masih bisa mengalir. Rupanya ibu kosan masih mengandalkan air tanah. Semula saya berpikir kalau air yang dipakai mandi sehari-hari datang dari perusahaan air minum, tapi ternyata dari sungai bawah tanah alias air tanah.

Ancaman kekeringan bahkan kekeringan itu sendiri mungkin sudah terjadi di Indonesia. BMKG memprediksi musim kemarau bakal terus berlanjut hingga Desember nanti. El Nino. Warga Jakarta terbilang beruntung lantaran hanya terancam oleh kekeringan. Warga di Sumatera dan Kalimantan harus berjuang dan menyabung nyawa melawan asap dari kebakaran hutan. Sudah berbulan-bulan hidup berdampingan dengan asap pekat.

Gunung dan sejumlah taman nasional di Pulau Jawa juga ikut menderita. Keringnya rerumputan dan dedaunan makin memudahkan terjadinya kebakaran. Sebut saja Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, Gunung Lawu yang malah memakan korban, Gunung Guntur di Garut, dan Gunung Merbabu. Niatan mendaki ke Gunung Semeru awal pekan ini terpaksa saya batalkan. Ternyata, keputusan itu sudah tepat.

titanic climate change pinterest

Bumi sudah ringkih. Tua. Letih menopang miliaran keturunan Nabi Adam as dan memenuhi kebutuhan manusia yang tanpa batas. Beberapa media cukup konsisten mengabarkan kalau bumi sedang menghadapi dampak perubahan iklim. Di belahan bumi lain cuaca makin panas. Di sisi lainnya yang dekat dengan garis pantai, air laut makin mendekat.

Bagi sebagian orang mereka mesti diyakinkan oleh angka-angka. Gambar, data, bahkan mungkin korban untuk sekedar percaya bahwa bumi sedang mengeluh. Selama mereka tidak merasakan dampaknya langsung dan bukan korban, perubahan iklim hanya sekedar isu yang menghiasi ruang-ruang media.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s