Hijrah

Dunia sedang mencari titik keseimbangan yang baru. Begitu ungkapan yang akhir-akhir ini sering saya dengar. Bila memperhatikan situasi ekonomi global yang tengah terjadi saat ini, mungkin kita bisa memahaminya dan merasakannya. Rupiah bergerak tak menentu. Pemerintah mencari momentum yang pas mengeluarkan obat peredam kelesuan ekonomi.

Ada yang memilih optimistis. Mencoba melihat peluang sekecil apa pun demi bertahan hidup atau demi menjaga gaya hidup yang kadung membutuhkan biaya besar. Tidak sedikit juga yang pesimistis. Menganggap krisis ekonomi tinggal menunggu waktu. Indikatornya ya mata uang itu. Jadi krisis atau tidaknya ditentukan oleh materi. Nilai mata uang.

Ada juga yang diam-diam gelisah. Ragu memilih antara bersikap percaya diri atau menyerah. Mereka mengaku orang realistis. Bagi pemilik modal dalam realistis keadaan sunyi itu artinya mengurangi jumlah pekerja dengan alasan menghemat atau efisiensi. Sedangkan lainnya memilih bersungut sungut dengan pendapatan yang sebenarnya gak jelek-jelek amat. Setidaknya masih bisa nonton film incaran sambil menggenggam minuman soda dan popcorn.

Sementara saya. Di atas ketinggian 12 meter. Melewati pergantian tahun baru Hijriah dengan menatap layar komputer. Mencoba keluar dari jebakan lumpur. Sejam yang lalu saya mengeluh cepatnya waktu berlalu. Berikutnya, saya mengutuki diri yang ternyata tidak bergerak sejengkal pun dari tempat berpijak, setidaknya selama rentang satu tahun terakhir. Waktu berlari tapi engkau malah berhenti. Ingin hijrah pun entah mesti ke mana. Atau mungkin, memang kita tidak perlu ke mana-mana.
keep-calm-and-make-hijrah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s