Singkirkan Egoisme

“Menjalani tiga kompetisi yang berbeda kondisi tim harus benar-benar kompak,” kata pelatih Diego Simeone.

BARCELONA–Selama ini Barcelona terkenal begitu rapi menyimpan segala persoalan yang melanda tim. Kolumnis Football Espana Mike Barnes mengatakan tapi kali ini manajemen klub tidak cukup solid menjaga masalah internal. Publik sudah kadung mengetahui konflik yang terjadi mulai dari pemecatan Direktur Olahraga Andoni Zubizarreta, kepergian Carles Puyol hingga perang dingin antara pelatih Luis Enrique dengan Lionel Messi.

Kemenangan telak 5-0 Barcelona atas Elche di ajang Piala Raja Spanyol, menurut Barnes, tidak bisa dijadikan patokan kalau badai di internal klub telah mereda. Bukan tidak mungkin, para fans akan menyaksikan drama berikutnya yang tidak kalah seru, seperti pemecatan sang pelatih. Kendati bagi Barcelona amat tidak lazim memecat pelatih di tengah musim. “Mereka harus segera menyelesaikan masalah yang dihadapi karena jika tidak akan semuanya akan menumpuk seperti pakaian kotor,” tulis Barnes.

Namun Presiden Barcelona Josep Bartomeu segera bergerak cepat. Usai pertandingan melawan Elche, Bartomeu langsung menepis semua rumor yang beredar. Di hadapan awak media, dengan tenang ia menjelaskan kalau kemenangan atas Elche merupakan bukti nyata kalau La Braugana tetap solid. Ia melihat tidak yang berubah dari permainan timnya. Semua pemain begitu kompak dan tampil penuh semangat. “Ketika bersatu maka kami semakin kuat. Saya harap semua pemain menyadari hal ini,” kata dia.

Hubungan Lionel Messi dengan pelatih Luis Enrique sedang menegang. Presiden Barcelona Josep Bartomeu meminta tim fokus pada laga berikutnya. Foto: Daily Mail

Hubungan Lionel Messi dengan pelatih Luis Enrique sedang menegang. Presiden Barcelona Josep Bartomeu meminta tim fokus pada laga berikutnya.
Foto: Daily Mail

Di ujung pernyataannya, Bartomeu menegaskan kalau skuadnya jangan cepat puas karena sudah menempatkan satu kaki di perempat final Piala Raja. Pasalnya, masih ada laga berikutnya yang amat krusial, yaitu menjamu Atletico Madrid dalam lanjutan Liga Spanyol.

Raihan tiga poin dari Atletico, lanjutnya, akan membawa Barcelona ke puncak klasemen sementara. Di klasemen La Liga, Barcelona dan Atletico saling berbagi angka, 38 poin. Mereka tertinggal satu angka dari Real Madrid

Ia sadar kalau Atletico bukanlah tim yang selevel dengan Elche, apalagi di pentas yang sama, yaitu Piala Raja, anak asuh Diego Simeone itu menghantam Real Madrid dua gol tanpa balas. “Selaku juara bertahan mereka jelas diunggulkan. Tapi saya yakin selama tim bisa terus bekerja sama dan saling mendukung, kemenangan bisa kami raih,” ucap Bartomeu.

Dari berbagai pertemuan, pertandingan Barcelona kontra Atletico kerap berjalan ketat. Di empat pertemuan terakhir, kedua tim tidak pernah menjebol gawang lawan lebih dari satu. Terakhir, ketika Atletico berjuang merebut gelar juara La Liga 2014, keduanya berbagi angka 1-1.

Kendati bermain di Camp Nou, ada situasi berbeda yang sedang dihadapi oleh tim tuan rumah. Luis Enrique jelas akan mendapat tekanan yang lebih besar untuk meraih poin maksimal. Lebih jauh lagi masa depannya pun jadi taruhan. Sementara bagi Simeone apa pun hasilnya tidak bakal membuat posisi Simeone bergeser dari kursi pelatih. “Menjalani tiga kompetisi yang berbeda jelas kondisi tim harus benar-benar kompak. Di situ kunci untuk menghadapi lawan tangguh,” kata pelatih asal Argentina.

Mungkin sebuah penghargaan kepada Lionel Messi akan menjadi momentum meredakan permasalahan di tubuh Barcelona. Presiden Liga Spanyol (Liga de Fútbol Profesional ) Javier Tebas memutuskan sebelum pertandingan melawan Atletico Messi akan menerima penghargaan sebagai top skor terbanyak sepanjang sejarah La Liga mengalahkan rekor Telmo Zarra.

FOOTBALL ESPANA | MARCA| EUROSPORT|

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s