Tomorrow Never Knows

Hari ini adalah hari dimana…
Segala hal yang telah dipelajari harus diuji
Segala prinsip yang terpatri siap dipertahankan
Segala janji menanti untuk ditepati
Segala ucapan menunggu pembuktian
Dan segala tingkah menuntut tanggung jawab

Allah memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Kian hari kalimat itu semakin terdengar nyaring ketika kaki ini melangkah menyusuri lorong-lorong kantor. Kalimat itu masih melekat ketika kuberlari dikejar-kejar deadline. Kalimat itu tidak pudar meski aku sering pulang larut malam dengan ditemani hembusan angin, kadang hujan deras. Beruntung dengan jam kerja dan cuaca yang tak menentu aku masih sehat dan belum pernah satu hari pun jatuh sakit yang amat keras.

Tak terasa sudah memasuki tahun kelima aku bekerja. Masih segar dalam ingatan hari pertama ketika aku masuk kantor adalah hari pertama bapak terkena stroke. Hari itu sungguh dilematis, pada saat yang bersamaan aku bersyukur sudah lepas dari bayang-bayang gelar pengangguran, tapi juga kami sekeluarga harus bersabar karena Allah memiliki rencana lain untuk bapak.

Allah memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Saat masih kuliah, aku berkhayal jika ada dua pilihan untuk bekerja di media cetak atau elektronik (TV dan Radio) akan kupilih media cetak. Ketentuan Allah berkata lain. Berkali-kali aku hilir mudik mengajukan lamaran dan wawancara di media cetak tapi tak ada satu pun yang bersedia menerimaku. Dan saat aku hampir berputus asa, Allah berkata lain. Aku diterima di stasiun televisi nasional tanpa susah payah. Dalam kesulitan ada kemudahan.

Aku harus menarik kata-kataku perihal keengganan ku bekerja di televisi. Lantas aku berpindah ke media cetak nasional terkemuka. Hal yang tak berbeda aku temui seperti ketika bekerja di televisi. Tapi kali ini aku bekerja seolah sendiri. Banyak hal sudah aku dapati. Semoga semua ini bisa memberi arti di kemudian hari. Tomorrow never knows.

Tinggalkan Balasan

