Mari Duduk Sejenak

Mari duduk sejenak untuk melihat sudah berapa jauh kaki ini melangkah, bibir ini berucap, mata ini melihat, telinga ini mendengar, hati ini merasa, jiwa ini berpetualang, akal ini menafsir. Setiap detik jutaan wacana mengalir terjun meluncur menderas diri kita. Mata kita tanpa kenal lelah meresap dan menangkapnya terus menerus. Setiap saat bibir ini terus mengucap kata-kata tanpa makna. Hambar dan jika pun matang itu karena sebongkah karbit memaksanya untuk segera matang.

 

Dunia ini telah lupa bagaimana menghela nafas, berkedip, dan merenung untuk sejenak melihat apa yang telah terjadi. saat saya mengajak duduk bukan berarti kita berhenti berfikir. Duduk berarti merenung, berkontemplasi, mengevaluasi kembali agar jangan sampai rutinitas membunuh kita. Duduk bukanlah istirahat, karena tidak ada kata istirahat saat ini. Karena Umar sang Singa Gurun berucap agama adalah action. Langkah kita akan betul-betul terhenti saat kita sudah menjejakkan kaki kita dihadapan Allah.

 

Duduk berarti melihat kembali, apakah niat kita sudah sesuai dan tidak melenceng. Apakah tabungan akhirat kita sudah cukup untuk mengantarkan kita bertatapan dengan Arrahman dan Arrahim. Saudaraku, saat ini jiwa-jiwa kita terlihat ringkih karena tidak cukup kuat dalam menyangga beban dunia. Kaki kita seolah-olah terus dibawa berjalan tanpa sejenak pun melihat apa yang sudah kita tinggalkan. Tanpa bertanya apakah kaki kita sudah tepat melangkah di atas sajadah syariah.

 

Duduk berarti memperbaiki diri. Memberi kesempatan kepada jiwa untuk meresap nutrisi-nutrisi yang penuh gizi. Janganlah memasukkan nutrisi kotor kepada jiwa kita karena itu hanya akan membuat infeksi dan semakin ringkih. Duduk bukan untuk meratapi diri, tapi mengingat hakikat diri. Biarkan hati kita bicara apa adanya.

 

6 April’09

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s