SPECIAL PEOPLE IN MYLIFE, SOBAT BEMU’78

Kita semua tentu tahu, jika sinar matahari menyelimuti hujan, selendang pelangi akan terhampar di semenanjung cakrawala. Begitu pun dengan kalian saudara-saudaraku di BEMU Sobat 78, yakinlah saat kita berkumpul karena Allah maka saat kita berpisah pun, Allah akan tetap mempertemukan kita di Jannah-Nya, Insya Allah.
Bersama kalian saya belajar bagaimana makna sabar terejahwantahkan. Ternyata sabar tidak hadir melalui kata-kata, tapi melalui sikap, karya, dan akhlak dan itu terurai melalui kebersamaan kita.
Dan kita pun yakin bahwa goresan karya yang kita ukir bukan untuk pengalaman dan kepintaran kita, tapi untuk adik-adik kita di Unpad yang tercinta.

Dan…….tulisan apresiasi menteri dan petinggi Sobat BEMU 78 yang saya ketik ini hanya sebatas garis tipis pengingat saat begitu banyak momen yang kita lalui. Momen itu mengkristal dan jelas tergambar bahwa kalian begitu spesial, unik, kreatif, berani dan masih banyak lagi makna persahabatan melekat dalam diri kalian.

Jelas sekali bahwa nuansa subjektifitas saya begitu menggelora melalui tulisan yang pendek ini. Namun jika benar, itu hanyalah kebetulan dan sebatas kemampuan mengecap indera saya saja. Tidak ada maksud untuk menyakiti apalagi mempolitisi.

Selamat Menikmati !

Dodi Santoso
Ku Melihat Sosok Umar
Dari keempat pemimpin Islam setelah Rasulullah saw, sosok Umar bin Khatab adalah pemimpin yang memiliki karakter yang begitu kuat. Di masa Umar Islam berkembang pesat keluar dari batas teritorial gurun Arab yang tandus dan gersang. Perlahan tapi pasti, Islam menggulung Persia dan Romawi yang pada saat itu begitu digdaya.
Tegas, rasional, dan tanpa berbasa-basi adalah komposisi yang ada dalam sosok Dodi Santoso. Masih ingatkah engkau dengan aksi penyambutan SBY di DU? Ring satu berhasil kita duduki walau pada akhirnya kita pontang-panting bersinggungan dengan pihak keamanan. Tanpa toa pun suaramu masih menghentak. Jujur saat itu, bulu kudukku benar-benar merinding. Keep fighting brother….

Rendra
Aktivis atau Pengusaha ?
Lelaki asal Depok ini sudah cukup banyak makan asam garam di BEM Kema Unpad. Rendra adalah sisa-sisa arkeologi dari tumbuh dan berkembangnya bem kema unpad. Kalau tidak salah empat kepengurusan dilakoni di organisasi yang baru berdiri lima tahun ini. Ini berarti setengah dari hidupnya sebagai mahasiswa dihabiskan di Bem Kema Unpad. Entah suka atau terpaksa, saya pun tidak tahu!
Rendra adalah salah satu aktor intelektual dari gerbong gerakan kampus baik diluar maupun di dalam, setidaknya itulah perannya di BEMU.
Kalau SBY punya Jusuf Kala yang seorang pengusaha, maka BEMU punya sosok Rendra. Dengan sebuah sepeda motornya yang agak mirip cacing aktor dalam film jarix jabrix, pria ini membangun usaha kaos, jaket, pin. Tak hanya cerdas dalam berpolitik, tapi juga cermat dalam mencari peluang-peluang usahanya. Semangat Pak…!

Ipeh
Denganmu Kami Tentram
Perempuan inilah yang bisa membuat anak BEMU yang sedang bergemuruh berubah menjadi air yang sejuk dan menentramkan. Sebagai sosok Menteri PSDMO, mendengarkan keluhan adalah bagian dari dirinya. Uniknya, sosok yang tak pernah berpisah dari teman sejawatnya, Andin, sepertinya begitu tertarik dalam dunia perpolitikan. Kesabaran dalam membimbing adik-adik BEMU di X-Trail begitu terpancar. Jelas sekali saya melihatnya pada malam itu di Lembang. Kerudung biru langit terlihat pas sekali saat menjejakkan kaki di sekre yang kerap kali tak teratur dan limbung. Menentramkan….seperti langit

Nani
Militansi Tanpa Henti
Dari menteri sekretaris menuju dirjen hubin dagri. Saat itu yang dibutuhkan oleh dagri adalah sebuah militansi tanpa henti. Meski kadang tembok begitu tebal dan bebal menghadang. Eskalasi transparansi tidak lepas dari kerja perempuan asal Tasik ini. Seperti baterai energizer, meski imut tapi kapasitasnya tak kalah dengan trafo berkekuatan 220 volt.

Liza
Sabar Pakaianmu, Senyum Bahan Bakarmu
Belajarlah dari perempuan ini bagaimana membuat acara yang bernalar. Belajarlah dari perempuan ini bagaimana melihat terbatasnya SDM bukanlah persoalan utama dalam organisasi. Bisa jadi logika organisasi yang memandang SDM sebagai faktor utama akan terasa tak berarti bila kesabaran dan ikhtiar telah menjadi satu dalam ragamu.

Neno
Mata Air Kreatifitas
Lets Get Loud. Apa kaitan antara lagu dengan program kerja BEMU? Perempuan satu ini yang memiliki jembatan untuk mengaitkannya. Proker menjadi begitu merdu dan syahdu dengan alunan lagu-lagu yang terbentang dari Departemen Sekretariat. Neno memiliki cara tersendiri harus seperti apa sebuah sekre dikelola. Senyum simpul yang kerap kali hadir menunjukkan kepada kita bahwa, please come here dude…you gonna love this.
Insiden kecelakaan saat Dodi menabrak Neno, menunjukkan bahwa dunia selebar daun kelor.

Insan
Yang Muda Yang Membara
Apa hubungannya pensil dengan HP? Jawabannya adalah Insan putra. Bolehlah Iffan dan Dodi punya communicator serta Wiman dengan tiga ponselnya, tapi jelas belum ada yang bisa menandingi kemampuan HP lelaki yang khas dengan jambulnya. Hambatan bukan untuk dikeluhkan.
Bila kita melihat pada label angkatan, maka lelaki ini adalah yang paling muda di antara jajaran para menteri. Muda bukan berarti hampa kemampuannya. Ini terbukti dengan acara KBU yang semula begitu berat untuk dijalankan namun pada akhirnya berjalan dengan kesuksesan. Kesuksesan sudah kamu raih saat proker KBU tertulis di lembaran proker BEMU 78.

Wiman
Gua Suka Gaya Lo
Kalau ada orang Inggris atau Amerika yang fisiknya seperti orang Indonesia ini dia orangnya. Kalau ada mahasiswa yang bukan jurusan sastra Inggris tapi bisa bertutur bahasa Inggris begitu lancar dan sangat British, dia juga orangnya. Ingin tahu bagaimana caranya berdiplomasi dan bernegosiasi dengan BEM Fakultas yang kadang “keras hati”? Belajarlah dengan Wiman. Begitu open minded dalam kaca mata saya, namun terkadang suka menggelitik. Cuek adalah nama tengahnya, ditambah dengan cita rasa supel membuat sosok pria ini begitu mudah bergaul.

Reza
Sobat Yang Sederhana Dan Nyata
Menjadi editor buku merupakan salah satu pekerjaan yang saya rekomendasikan kepada lelaki ini. Detail bukan perfeksionis. Hati-hati teman saat hendak menyerahkan sepucuk surat. Sudah terjamin bahwa reza akan membacanya sampai tuntas. Dan jika tak ada argumen yang kokoh bersiaplah membuat kembali.
Tak bisa dipungkiri bahwa lelaki yang bernama lengkap Reza Fathurrahman ini adalah Presiden mahasiswa Unpad yang kelima. Di tengah embargo berupa SK dari PR III semakin membuat Reza yakin bahwa kita harus berkontribusi nyata bagi mahasiswa. Bermimpi besar bolehlah, tapi kerja sederhana dan nyata adalah kewajiban. Maka tidak segan bagi dia untuk terjun langsung ke kegiatan jika dirasa hal tersebut tidak berjalan. Sebenarnya dua paragraf ini tidaklah cukup untuk mendeskripsikan sosok Reza. Za, terimakasih banyak….oya, kalau ada yang salah dalam penulisan harap perbaiki sendiri.

Abe
Senyumanmu Melumerkan
Sobat yang sangat nyaman untuk diajak berbicara. Kehangatan terpancar saat senyumannya mengembang, meski hanya sepenggal kita bersama serasa sudah jauh-jauh hari saya mengenal sosok Abe. Fuih…perjalanan menjemput sang pemimpi Andrea Hirata saat Book Cinematology menjadi momen bertukar pikiran yang mengasyikkan.

Hamda
Soliditas
Ingin tahu resep mempertahankan kesolidan dalam sebuah departemen? Sepertinya kita harus banyak berdiskusi dengan Hamda. Saat satu tujuan sudah terpatri maka dengan berbagai cara harus diraihnya.

Devi
Ibu Rumah Tangga Sejati
Meski warung kejujuran timbul tenggelam karena ulah para kreditor, perempuan ini tetap mengibarkan panji semangat yang bergelora. Perlahan tapi pasti, Devi memberikan ketenangan. “Sudahlah jangan kau terlampau memikirkan SK PR III, dengan atau tanpa itu BEMU masih bisa eksis,” mungkin itulah representasi dari senyumannya. Devi telah membuktikan kutipan ayat Alquran, dibalik kesulitan terdapat kemudahan, dibalik kesulitan terdapat kemudahan. Bolak balik Jakarta dilakoninya untuk menyeimbangkan neraca keuangan BEMU.
Tapi tidak selalu kita belajar bagaimana mengelola keuangan dengan Devi. Ada kerja keras dan tawakal di setiap sorotan matanya.

Iffan
Melankolis
Pria ini memang paling enak diajak diskusi dan berbagi. Pun sangat menggairahkan saat kita harus turun aksi. Bernasib sama seperti Rendra, Ipeh dan Nani yang harus menghabiskan separuh lebih masa mahasiswanya di BEMU. Awalnya saya tak mengira, tidak saja pengeras suara bisa dia kelola saat aksi-aksi Dagri, tapi juga cukup piawai dalam menari samba di lapangan futsal. Masih ku ingat kawan saat kamera ku sorot untuk mencari sudut sempurna saat memotretmu di aksi transparansi.

Husni
Hening
Semoga keberkahan dan kebaikan senantiasa terlimpah kepada saudaraku Husni. Memang benar butuh energi besar dan waktu berlimpah untuk hadir di negeri Jatinangor dari DU. Dengan celana training engkau melangkah pasti.

Andin
Bunga Sakura
Jika seluruh jajaran petinggi BEMU berkumpul maka sosok Andin akan mudah kita kenali,meski ada orang yang belum bertemu dengannya. Lihat saja siapa yang senyumannya paling tulus (bukan berarti yang lain tidak, lho). Kedudukannya di PSDMO merupakan takdir Andin. Pernahkah kamu melakukan uji materi (judicial review) untuk meminta pertimbangan Ipeh sang Menteri agar engkau pindah dan merasakan departemen lain di BEMU?
Saat sobat BEMU butuh motivasi engkau tanggap.

Melz
Tawamu Pelepas Dahaga Kami

Satu kau begitu indah
Dua kau memang menggoda
Tiga kau beri harapan
Aku jadi tak sabar….

Sepertinya salah satu bait lagu dari band Yovie N The Nuno yang berjudul Bunga Jiwa cukup merepresentasikan sosok seorang Mellyza Novisari. Pekerjaannya yang seorang Public Relation a.k.a Dirjen Humas di BEMU, Melz sapaan akrabnya, sepertinya menuntut dia untuk selalu antusias dan penuh rasa ingin tahu bertanya-tanya event apa yang sedang dilakoni oleh para BEM’ers. Sosok Melz tidak hanya dikenal sebagai MC Kondang , namun dia juga merupakan pelepas dahaga para sobat BEM 78 yang begitu penat dengan aksi dan event. Celetukannya meski kadang garing namun cukup menghentak bibir kita untuk tersenyum. Semangat Melz…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s